Spooring Balancing pada mobil

Kali ini ane mau berbagi cerita mengenai spooring dan balancing pada mobil, nah buat agan2 sekalian yang biasa ngasih perawatan mobilnya pasti tau spooring dan balancing seperti apa. Nih ane jabarin beberapa tanda tanda mobil agan kira kira udah waktunya di spooring dan balancing apa belum
Jika mobil Agan memiliki mobilitas tinggi alias sering agan pake sehari-hari dan sering melewati jalanan yang tidak rata, mungkin salah satu gejala yang agan rasakan yaitu setir mobil agak berat ke kiri atau ke kanan, atau setir mobil terasa bergetar pada kecepatan tertentu, itu merupakan salah satu tanda bahwa mobil agan perlu di spooring dan balancing.
nah sebenarnya spooring itu apa sih gan?
Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik.
Jadi dari pabriknya sana itu udah di setting gan camber casternya berapa derajat,buat agan yang belum tau camber caster itu apa bisa agan lihat di postingn ane sebelumnya. Dan Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala. Jadi yang di setting itu roda depannya aja gan tapi kalo mobilnya 4WD biasanya setting depan belakang gan,
Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing. fungsi balancing ini untuk menghilangkan getaran biasanya mobil saat melaju kecepatan di atas 40kpj udah berasa getar nah itu berarti bannya perlu di balancing gan.
nih gan langsung aja ini beberapa tanda tanda mobil agan perlu di spooring dan balancing :

1. Setir bergetar pada kecepatan tertentu, karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.
2. Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu, maka berarti mobil Anda sudah menerima gejala tersebut.
3. Saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan. Ini juga menjadi gejala tersebut.
4. Gejala lainnya, jika mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah dengan keseimbangan.
5. Permukaan ban sudah tidak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.
6. Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.
7. Ban bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari belakang dengan mengambil jarak beberapa meter.
8. Amati ban mobil belakang, apakah tergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula.

Gejala di atas, terjadi karena roda mobil, khususnya bagian depan yang merupakan komponen tidak fixed, terjadi pergeseran atau berubah sehingga tidak dapat menapak dengan sempurna. Salah satu setelan yang sering berubah terjadi pada komponen seperti sudut toe dan chamber.
Bila sudut toe dan chamber melebihi atau kurang dari angka normal maka dapat menyebabkan ban aus di bagian dalam atau tapak luarnya saja gan.
Seperti yang ane jelasin tadi langkah spooring berfungsi mengembalikan penyetelan roda-roda agar kembali pada angka sesuai standar pabrikan. Jadi pada alat spooring memiliki data base setelan kaki-kaki hampir seluruh mobil yang pernah diproduksi gan, dan berpatokan pada data tersebut kondisi setelan pada kaki-kaki mobil dikembalikan. Sementara langkah balancing tadi merupakan upaya menjaga batas keseimbangan di titik atas-bawah atau kiri-kanan di setiap roda. Biasanya, langkah balancing lebih dulu dilakukan sebelum spooring.

Proses spooring dan balancing dianjurkan dilakukan secara berkala maksimal 20 ribu Km, tapi jika jalur yang agan sering lalui jalanan rusak maka sebaiknya lebih cepat, yakni tiap 10 ribu Km.

itu beberapa tanda tanda mobil kalau mobil agan perlu di spooring dan balancing,jika ada yang kurang jelas atau agan mau bertanya mengenai spooring balancing silahkan tulis di kolom komentar gan. Insyaallah ane jawab pertanyaan dari agan. Matur thank you sampun berkunjung😁.

1 komentar:

  1. Thanks ilmu nya gan. Ane masih bingung bedain balancing sama ketok magic apa hahahah

    BalasHapus