Perangkat masukan (input) merupakan suatu perangkat yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini merupakan perangkat yang sangat penting karena dengan perangkat ini pengguna bisa berinteraksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah-perintah yang diinputkan.
Perangkat input digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tak langsung.
Contoh perangkat input lanngsung adalah:
1. Keyboard
Mekanik yang dipasang pada Printed Circuit Board (PCB).
Keyboard merupakan sekumpulan tombol yangtersusun pada satu tempatseperti mesin ketik yang umumnyamempunyai tombol antara 85 hingga 120 tombol yang terdiriatas huruf (A,a,B,b,C,c,D,d,…,Z,z), angka (0,1,2,…,9),simbol atau biasa dinamakan karakter khusus(@,%,$,&,…,dan sebagainya) serta tombol-tombol fungsi(F1,F2,F3,…F12).
2. Mouse
Mouse merupakan perangkat input yang digunakanuntuk memasukkan data dengan cara menekan tombol klik
Ada tiga tipe dasar mouse yaitu :
a) a Mekanis: memiliki bola karet di dalam sisi bawah mouse dan berotasi ke segala arah. Sensor mekanisnyamendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan sinyal untuk menggerakkan kursor pada layar.
b) b Optomekenis: sama seperti mouse mekanis yang baru,dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
c) c.Optik : Tidak ada bola mouse lagi dan gerakan mekanis,Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan ataualas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
3. Light Pen
Light pen ini digunakan dengan cara menunjuk ujungalat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya.Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan danakan dimengerti oleh program tersebut. Biasanya digunakan untuk bidang reka bentuk pengeluaran
(Computering Aided Manufacturing
–CAM) atau membuat grafik dan gambar didalam perencanaan menggunakan komputer
(Computer Aided Design–CAD).
4. joystick
Joystick merupakan suatu alat yang digunakan sebagai pengganti tombol-tombol keyboard dalam sebuah permainan
video game
sehingga memudahkan pengguna untuk memainkan game tersebut. Bagi pengguna game, joystick akan amat sangat dibutuhkan untuk memudahkan pengguna maneuver-manuver yang dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse.
5. Touch Screen
Touch Screen atau layar sentuh memungkinkan penggunan untuk menyentuhkan jari tangan pada pilihan tombol, grafik atau label. Tempat yang disentuh merupakan lokasi dimana suatu pilihan atau perintah dieksekusi. Touchscreen ini digunakan secara luas pada kios-kios informasi yang banyak ditemukan di lapangan parkir, airport dan department store.
6. Microfon
Microfon merupakan alat input dengan cara mengeluarkan suara. Ini biasanya untuk aplikasi multimedia atau lebih popular untuk keperluan audio. Selain berfungsi sebagai salah satu alat sumber input yang semakin popular,audio juga mampu berperan sebagai output.
7. scanner
Scanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotocopy, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitif kepada cahaya dan dapat menterjemahkan teks,barcode, gambar dan sebagainya.
Perangkat Keluaran(output)
Perangkat output merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil dari proses. Perangkat output ini biasanya terdiridari alat-alat yang menterjemahkan perintah yang telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yang dimengerti manusia. Data-data atau perintah-perintah yang telah diproses oleh komputer biasanya dalam bentuk kode biner yang diwakili oleh angka 0 dan 1 yang perlu diterjemahkan dalam bentuk yang lebih dipahami dan berguna untuk manusia.
Contoh perangkat keluaran (output):
1. Monitor (VDU)
Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pengguna dalam bentuk teks maupun grafik. Monitor mempunyai ukuran yang bervariasi, 14 ” , 15 ” , 17” dan lainya. Semakin besar ukurannya (dalam inci) maka semakin mahal pula dansemakin luas pula gambar yang dapat ditampilkan padamonitor.
2. Speake
Speaker pada komputer berfungsi sama dengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem.
3. Data Projector
Data projector merupaka suatu perangkat yang mengambil image dari layar komputer dan diproyeksikan kelayar yang lebih besar.
4. Printer
Printer merupakan perangkat pencetak dan merupakan perangkat hardcopy
yang dihasilkan dari hasil pemrosesan komputer dan input dari penggunanya. Jenis cetakan juga dalam bentuk kertas bercetak, transparan.
5. Plotter
Plotter sebenarnya hampir sama dengan printer,namun biasanya digunakan untuk mencetak gambar, grafik desain teknik yang ukurannya lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar